Logo

Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang

images

Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Baristand Industri Padang

PADANG, Kamis (24/5/2018) lalu bertempat di Gedung Pertemuan Mentari Hall, Baristand Industri Padang melaksanakan kegiatan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pencanangan Zona Integritas di lingkungan Baristand Industri Padang berlandaskan pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 108/M-IND/PER/12/2015 tentang Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Kegiatan diawali oleh laporan Kasubbag TU dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Kepala Baristand Industri Padang, Dra. Prima Yudha Hayati, M.TA kepada seluruh pegawai yang hadir. Pada kegiatan ini disampaikan materi tentang Zona Integritas, poin-poin penilaian Zona Integritas, bentuk-bentuk gratifikasi dan benturan kepentingan. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan SK Tim Pembangunan Zona Integritas dan SK Tim Role Model kepada seluruh anggota tim.

Pada momen ini pula dilakukan pembacaan Pakta Integritas Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi oleh Kepala Baristand Industri Padang yang diikuti oleh seluruh pegawai, serta penandatangan pakta integritas oleh Kepala, Kasubbag TU, Kepala Seksi dan seluruh pegawai Baristand Industri Padang. Dengan ini, Baristand Industri Padang menyatakan kesiapannya dalam Pembangunan Zona Integritas.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi /Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pembangunan ZI difokuskan pada komponen pengungkit yang terdiri dari 6 unsur yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan publik, serta komponen hasil yaitu pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Melalui pencanangan Zona Integritas, diharapkan Baristand Industri Padang mampu menjadi instansi pemerintahan yang dapat menyelenggarakan tugas dan fungsinya secara baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional serta bebas dari praktik KKN.

 


TAG